Minggu, 20 Mei 2012

PTK PAI SD 37 Alang Lawas Padang

ABSTRAK
Abdul Kadir Nasution. Pelaksanaan Metode Demontrasi Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah Siswa Kelas II di SD Negeri Nomor 37 Alang Lawas Padang. Salah satu masalah yang mendasar di kelas II Sekolah Dasar Negeri Nomor 37 Alang Lawas Padang adalah kurangnya kemampuan siswa-siswi dalam hal membaca dan menulis al-Qur’an dalam aspek huruf hijaiyah bersambung. pembelajaran al-Qur’an yang dilaksanakan sangatlah terbatas waktunya, dengan jatah waktu yang hanya tiga jam perminggu, guru pendidikan agama Islam dituntut untuk menyampaikan materi pendidikan agama Islam yang meliputi Fiqih, Tarikh, Ibadah, Akidah, Akhlak dan termasuk aspek Al-Qur’an.
Untuk mengatasi permasalahan di SDN Nomor 37 Alang Lawas Padang, penulis mencoba mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada aspek Al-Qur’an pokok bahasan Huruf Hijaiyah bersambung yaitu huruf-huruf ejaan bahasa Arab sebagai bahasa asli Al-Qur’an dengan menggunakan metode demonstrasi yang di harapkan mampu meningkatkan kwalitas baca tulis Al-Qur’an siswa kelas II SD Negeri Nomor 37 Alang Lawas Padang dan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan metode demonstrasi pada pembelajaran huruf hijaiyah.
Sedangkan metode demonstrasi adalah cara pembelajaran dengan memperagakan, mempertunjukkan atau memperlihatkan sesuatu di kelas maupun di luar kelas baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pembelajaran yang relevan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara test dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Nomor 37 Alang Lawas Padang yang berjumlah 29 orang.




.
i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar