Rabu, 30 Mei 2012
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
NAMA SEKOLAH : SDN 37 ALANG LAWAS
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/TAHUN/SMT : I / 2012-2013/ I
No. SK KD INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM
KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE PROSES INDIKATOR KD SK MD
T-1 S-2 R-3 T-3 S-2 R-1 T-1 S-2 R-3
1 1 1.1 1. Melafazkan surat al-Fatihah dengan lancar 2 2 2 6/7 x 100 66
1.2 2. Menunjukkan hafal surat al-Fatihah 2 2 2 66
3. Mendemonstrasikan hafalan surat Al-Fatihah 3 2 2 7/9 x 100 77
6,87
2 2 2.1 1. Menyebutkan benda ciptaan Allah 3 2 2 77
2. Membedakan ciptaan Allah dengan buatan 2 2 2 66
manusia
2.2 3. Menyebutkan arti iman 2 2 2 66
4. Menyebutkan 6 rukun Iman 2 2 2 66
2.3 5. Menghafal 6 rukun Iman 3 2 2 77
70,4
3 3 3.1 1. Menyebutkan contoh prilaku terpuji 3 2 2 7/9 x 100 77
2. Menunjukkan prilaku jujur 3 2 2 77
3.2 3. Menyebutkan arti tanggung jawab 2 2 2 66
4. Menunjukkan prilaku tanggung jawab 2 2 2 66
3.3 5. Membedakan antara kotor dan bersih 2 2 2 6/9 x 100 66
6. Menunjukkan sikap hidup bersih 3 2 2 77
3.4 7. Menyebutkan arti disiplin 3 2 2 77
8. Menunjukkan prilaku disiplin 2 2 2 66
71,5
4 4 4.1 1. Menyebutkan arti bersuci 3 2 2 7/9 x 100 77 70
2. Menyebutkan contoh bersuci 3 2 2 77
3. Menyebutkan guna bersuci 2 2 2 66
4.2 4. Menjelaskan tata cara bersuci 2 2 2 66
71,5
5 5 5.1 1. Menyebutkan 5 rukun Islam 2 2 2 66
2. Menghafal 5 rukun Islam 2 2 2 66
5.2 3. Mendemonstrasikan hafalan rukun Islam 2 2 2 66
66
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
NAMA SEKOLAH : SDN 37 ALANG LAWAS
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SMT : II / I
No. SK KD INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM
KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE PROSES INDIKATOR KD SK MD
T-1 S-2 R-3 T-3 S-2 R-1 T-1 S-2 R-3
1 1 1.1 1. Melafazkan huruf-huruf hijaiyah 2 2 2 6/9 x 100 66
1.2 2. Menyebutkan 6 macam harkat 2 2 2 66
66
2 2 2.1 1. Menyebutkan 5 asmaul husna 3 2 2 7/9 x 100 77
2.2 2. Mengartikan 5 asmaul husna 3 2 2 77
77
3 3 3.1 1. Menyebutkan 3 prilaku hidup sederhana 2 2 2 6/9 x 100 66
3.2 2. Menyebutkan 3 ciri orang yang rendah hati 2 2 2 66
3. Mencontohkan 3 prilaku rendah hati 2 2 2 66
3.3 4. Menyebutkan 3 adab buang air 2 2 2 66
5. Menyebutkan 3 tempat tidak boleh buang air 2 2 2 66
66
4 4 4.1 1. Menyebutkan 6 rukun wuduk 3 2 2 7/9 x 100 77
2. Menyebutkan urutan wuduk 3 2 2 77
4.2 3. Menyebutkan niat wudhu’ 3 2 2 77
4. Melafazkan do’a siap wuduk 3 2 2 77
77
5 5 5.1 1. Melafazkan bacaan shalat 2 2 2 6/9 x 100 66 70
5.2 2. Menghafal bacaan shalat 2 2 2 66
66
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
NAMA SEKOLAH : SDN 37 ALANG LAWAS
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SMT : III / I
No. SK KD INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM
KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE PROSES INDIKATOR KD SK MD
T-1 S-2 R-3 T-3 S-2 R-1 T-1 S-2 R-3
1 1 1.1 1. Membaca kalimat dalam Al-Qur’an 2 2 2 6/9 x 100 66
2. Menyebutkan tanda baca dalam al-Qur’an 2 2 2 66
1.2 3. Menulis kalimat al-Qur’an 2 2 2 66
4. Menyebutkan bentuk huruf yang ada pada 2 2 2 66
kalimat
66
2 2 2.1 1. Menyebutkan sifat wajib Allah 3 2 2 7/9 x 100 77
2.2 2. Menggantikan 5 sifat wajib Allah 3 2 2 77
77
3 3 3.1 1. Menjelaskan arti percaya diri 3 2 2 7/9 x 100 77
2. Menunjukkan 3 sikap percaya diri 3 2 2 77
3.2 3. Menyebutkan arti tekun 3 2 2 77
4. Menunjukkan 3 prilaku tekun 3 2 2 77
3.3 5. Menyebutkan arti hemat 3 2 2 77
6. Menunjukkan 3 sikap hemat 3 2 2 77
77
4 4 4.1 1. Melafazkan bacaan shalat 2 2 2 6/9 x 100 66 71
2. Menghafal bacaan shalat 2 2 2 66
3. Menampilkan keserasian antara bacaan 2 2 2 66
Dengan gerakan 66
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
NAMA SEKOLAH : SDN 37 ALANG LAWAS
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SMT : IV / I
No. SK KD INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM
KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE PROSES INDIKATOR KD SK MD
T-1 S-2 R-3 T-3 S-2 R-1 T-1 S-2 R-3
1 1 1.1 1. Membaca surat al Fatihah 3 2 2 7/9 x 100 77
2. Mengartikan surat al Fatihah 3 2 2 77
1.2 3. Membaca surat al Ikhlas 3 2 2 77
4. Mengartikan surat al Ikhlas 3 2 2 77
5. Menghafal surat al Fatihah dan al Ikhlas 3 2 2 77
77
2 2 2.1 1. Menyebutkan arti sifat jaiz Allah 3 2 2 7/9 x 100 77
2.2 2. Mencontohkan sifat jaiz Allah 3 2 2 77
77
3 3 3.1 1. Menceritakan kisah Nabi Adam 3 2 2 7/9 x 100 77
3.2 2. Menceritakan kebiasaan masyarakat 3 2 2 77
jahiliyah
3.3 3. Menceritakan kelahiran Nabi Muhammad 3 2 2 77
4. Menceritakan masa kanak-kanak Nabi 3 2 2 77
Muhammad
77
4 4 4.1 1. Menyebutkan cara taubatnya Nabi Adam 3 2 2 7/9 x 100 77
dan mencontohnya
2. Meneladani masa kanak-kanak Nabi 3 2 2 77
Muhammad 77
5 5 5.1 1. Menyebutkan 13 rukun shalat 2 2 2 6/9 x 100 66 75
5.2 2. Menyebutkan sunat-sunat shalat 2 2 2 66
5.3 3. Menyebutkan 5 syarat sah shalat 2 2 2 66
5.4 4. Menyebutkan 5 hal yang membatalkan 2 2 2 66
shalat
5.5 5. Menyebutkan 4 syarat wajib shalat 2 2 2 66
60
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
NAMA SEKOLAH : SDN 37 ALANG LAWAS
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SMT : V / I
No. SK KD INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM
KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE PROSES INDIKATOR KD SK MD
T-1 S-2 R-3 T-3 S-2 R-1 T-1 S-2 R-3
1 1 1.1 1. Melafazkan surat al Lahab dan al Kafirun 2 2 2 6/9 x 100 66
2. Menghafalkan surat al Lahab dan al Kafirun 2 2 2 66
1.2 3. Mengartikan surat al Lahab dan al Kafirun 2 2 2 66
4. Menyimpulkan isi surat al Lahab dan 2 2 2 66
al Kafirun
66
2 2 2.1 1. Menyebutkan pengertian kitab Allah 3 2 2 7/9 x 100 77
2.2 2. Menyebutkan nama-nama kitab Allah 3 2 2 77
3. Menyebutkan nama-nama Rasul yang 3 2 2 77
Menerimanya
2.3 4. Menyebutkan kandungan Al-Qur’an 3 2 2 77
5. Menyebutkan nama lain Al-Qur’an 3 2 2 77
77
3 3 3.1 1. Menceritakan kisah Nabi Ayyub as 3 2 2 7/9 x 100 77
3.2 2. Menceritakan kisah Nabi Musa as 3 2 2 77
3.3 3. Menceritakan kisah Nabi Isa as 3 2 2 77
77
4 4 4.1 1. Meneladani sifat Jujur nabi Ayyub 3 2 2 7/9 x 100 77 75
2. Meneladani sifat sabar Nabi Ayyub 3 2 2 77
4.2 3. Meneladani sifat jujur Nabi Musa 3 2 2 77
4. Meneladani sifat sabar Nabi Musa 3 2 2 77
5. Meneladani sifat benar Nabi Musa 3 2 2 77
4.3 6. Meneladani sifat arif Nabi Isa 3 2 2 77
7. Meneladani sifat tegas Nabi Isa 3 2 2 77
8. Meneladani sifat ikhlas Nabi Isa 3 2 2 77
77
5 5 5.1 1. Menjelaskan pengertian azan dan iqamah 3 2 2 7/9 x 100 77
2. Melafazkan azan dan iqamah 3 2 2 77
5.2 3. Menyebutkan nama orang yang menguman- 3 2 2 77
Dangkan azan
4. Mengumandangkan azan dan iqamah 3 2 2 77
77
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
NAMA SEKOLAH : SDN 37 ALANG LAWAS
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SMT : VI / I
No. SK KD INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM
KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE PROSES INDIKATOR KD SK MD
T-1 S-2 R-3 T-3 S-2 R-1 T-1 S-2 R-3
1 1 1.1 1. Melafazkan surat al Qadr dan al Alaq ayat 1-5 3 2 2 7/9 x 100 77
1.2 2. Menghafal surat al Qadr dan al Alaq 1-5 3 2 2 77
3. Mengartikan surat al Qadr dan al Alaq 1-5 3 2 2 77
4. Mengambil kesimpulan surat al Qadr dan 3 2 2 77
Al Alaq 1-5
77
2 2 2.1 1. Menjelaskan pengertian hari akhir 3 2 2 7/9 x 100 77
2. Menjelaskan arti sugra dan kubra 3 2 2 77
3. Menyebutkan nama-nama hari akhir 3 2 2 77
4. Menyebutkan tanda-tanda kiamat kubra 3 2 2 77
5. Menyebutkan nama Syurga dan neraka 3 2 2 77
77
3 3 3.1 1. Menceritakan perilaku abu lahab dan abu 3 2 2 7/9 x 100 77
Jahal terhadap rasul
3.2 2. Menceritakan perilaku Musailamah al Kazab 3 2 2 77
3. Menyebutkan usaha abu lahab menghalangi 3 2 2 77
Da’wah Rasul
4. Menyebutkan perilaku Musailamah 3 2 2 77 75
menghancurkan Islam
77
4 4 4.1 1. Menjelaskan pengertian dengki 3 2 2 7/9 x 100 77
4.2 2. Menyebutkan contoh dengki abu lahab, abu Jahal 3 2 2 77
3. Menyebutkan akibat dengki 3 2 2 77
4. Menyebutkan 3 cara atasi dengki 3 2 2 77
5. Menjelaskan maksud bohong 3 2 2 77
6. Menjelaskan 3 bahaya bohong 3 2 2 77
77
5 5 5.1 1. Melakukan shalat tarwih secara teratur di 2 2 2 6/9 x 100 66
Mesjid
2. Melafadzkan do’a siap tarwih 2 2 2 66
3. Melakukan tadarus secara teratur 2 2 2 66
66
Mengetahui, Padang,
Kepala SDN Nomor 37 Alang Lawas Guru Pendidikan Agama Islam
EVI TRISNA, S. Pd ABDUL KADIR NASUTION,SAg
NIP.195810151982022003 NIP.196904202008011002
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar