Rabu, 30 Mei 2012

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) TAHUN PELAJARAN 2012/2013

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NAMA SEKOLAH : SDN 37 ALANG LAWAS MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/TAHUN/SMT : I / 2012-2013/ I No. SK KD INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE PROSES INDIKATOR KD SK MD T-1 S-2 R-3 T-3 S-2 R-1 T-1 S-2 R-3 1 1 1.1 1. Melafazkan surat al-Fatihah dengan lancar 2 2 2 6/7 x 100 66 1.2 2. Menunjukkan hafal surat al-Fatihah 2 2 2 66 3. Mendemonstrasikan hafalan surat Al-Fatihah 3 2 2 7/9 x 100 77 6,87 2 2 2.1 1. Menyebutkan benda ciptaan Allah 3 2 2 77 2. Membedakan ciptaan Allah dengan buatan 2 2 2 66 manusia 2.2 3. Menyebutkan arti iman 2 2 2 66 4. Menyebutkan 6 rukun Iman 2 2 2 66 2.3 5. Menghafal 6 rukun Iman 3 2 2 77 70,4 3 3 3.1 1. Menyebutkan contoh prilaku terpuji 3 2 2 7/9 x 100 77 2. Menunjukkan prilaku jujur 3 2 2 77 3.2 3. Menyebutkan arti tanggung jawab 2 2 2 66 4. Menunjukkan prilaku tanggung jawab 2 2 2 66 3.3 5. Membedakan antara kotor dan bersih 2 2 2 6/9 x 100 66 6. Menunjukkan sikap hidup bersih 3 2 2 77 3.4 7. Menyebutkan arti disiplin 3 2 2 77 8. Menunjukkan prilaku disiplin 2 2 2 66 71,5 4 4 4.1 1. Menyebutkan arti bersuci 3 2 2 7/9 x 100 77 70 2. Menyebutkan contoh bersuci 3 2 2 77 3. Menyebutkan guna bersuci 2 2 2 66 4.2 4. Menjelaskan tata cara bersuci 2 2 2 66 71,5 5 5 5.1 1. Menyebutkan 5 rukun Islam 2 2 2 66 2. Menghafal 5 rukun Islam 2 2 2 66 5.2 3. Mendemonstrasikan hafalan rukun Islam 2 2 2 66 66 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NAMA SEKOLAH : SDN 37 ALANG LAWAS MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SMT : II / I No. SK KD INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE PROSES INDIKATOR KD SK MD T-1 S-2 R-3 T-3 S-2 R-1 T-1 S-2 R-3 1 1 1.1 1. Melafazkan huruf-huruf hijaiyah 2 2 2 6/9 x 100 66 1.2 2. Menyebutkan 6 macam harkat 2 2 2 66 66 2 2 2.1 1. Menyebutkan 5 asmaul husna 3 2 2 7/9 x 100 77 2.2 2. Mengartikan 5 asmaul husna 3 2 2 77 77 3 3 3.1 1. Menyebutkan 3 prilaku hidup sederhana 2 2 2 6/9 x 100 66 3.2 2. Menyebutkan 3 ciri orang yang rendah hati 2 2 2 66 3. Mencontohkan 3 prilaku rendah hati 2 2 2 66 3.3 4. Menyebutkan 3 adab buang air 2 2 2 66 5. Menyebutkan 3 tempat tidak boleh buang air 2 2 2 66 66 4 4 4.1 1. Menyebutkan 6 rukun wuduk 3 2 2 7/9 x 100 77 2. Menyebutkan urutan wuduk 3 2 2 77 4.2 3. Menyebutkan niat wudhu’ 3 2 2 77 4. Melafazkan do’a siap wuduk 3 2 2 77 77 5 5 5.1 1. Melafazkan bacaan shalat 2 2 2 6/9 x 100 66 70 5.2 2. Menghafal bacaan shalat 2 2 2 66 66 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NAMA SEKOLAH : SDN 37 ALANG LAWAS MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SMT : III / I No. SK KD INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE PROSES INDIKATOR KD SK MD T-1 S-2 R-3 T-3 S-2 R-1 T-1 S-2 R-3 1 1 1.1 1. Membaca kalimat dalam Al-Qur’an 2 2 2 6/9 x 100 66 2. Menyebutkan tanda baca dalam al-Qur’an 2 2 2 66 1.2 3. Menulis kalimat al-Qur’an 2 2 2 66 4. Menyebutkan bentuk huruf yang ada pada 2 2 2 66 kalimat 66 2 2 2.1 1. Menyebutkan sifat wajib Allah 3 2 2 7/9 x 100 77 2.2 2. Menggantikan 5 sifat wajib Allah 3 2 2 77 77 3 3 3.1 1. Menjelaskan arti percaya diri 3 2 2 7/9 x 100 77 2. Menunjukkan 3 sikap percaya diri 3 2 2 77 3.2 3. Menyebutkan arti tekun 3 2 2 77 4. Menunjukkan 3 prilaku tekun 3 2 2 77 3.3 5. Menyebutkan arti hemat 3 2 2 77 6. Menunjukkan 3 sikap hemat 3 2 2 77 77 4 4 4.1 1. Melafazkan bacaan shalat 2 2 2 6/9 x 100 66 71 2. Menghafal bacaan shalat 2 2 2 66 3. Menampilkan keserasian antara bacaan 2 2 2 66 Dengan gerakan 66 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NAMA SEKOLAH : SDN 37 ALANG LAWAS MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SMT : IV / I No. SK KD INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE PROSES INDIKATOR KD SK MD T-1 S-2 R-3 T-3 S-2 R-1 T-1 S-2 R-3 1 1 1.1 1. Membaca surat al Fatihah 3 2 2 7/9 x 100 77 2. Mengartikan surat al Fatihah 3 2 2 77 1.2 3. Membaca surat al Ikhlas 3 2 2 77 4. Mengartikan surat al Ikhlas 3 2 2 77 5. Menghafal surat al Fatihah dan al Ikhlas 3 2 2 77 77 2 2 2.1 1. Menyebutkan arti sifat jaiz Allah 3 2 2 7/9 x 100 77 2.2 2. Mencontohkan sifat jaiz Allah 3 2 2 77 77 3 3 3.1 1. Menceritakan kisah Nabi Adam 3 2 2 7/9 x 100 77 3.2 2. Menceritakan kebiasaan masyarakat 3 2 2 77 jahiliyah 3.3 3. Menceritakan kelahiran Nabi Muhammad 3 2 2 77 4. Menceritakan masa kanak-kanak Nabi 3 2 2 77 Muhammad 77 4 4 4.1 1. Menyebutkan cara taubatnya Nabi Adam 3 2 2 7/9 x 100 77 dan mencontohnya 2. Meneladani masa kanak-kanak Nabi 3 2 2 77 Muhammad 77 5 5 5.1 1. Menyebutkan 13 rukun shalat 2 2 2 6/9 x 100 66 75 5.2 2. Menyebutkan sunat-sunat shalat 2 2 2 66 5.3 3. Menyebutkan 5 syarat sah shalat 2 2 2 66 5.4 4. Menyebutkan 5 hal yang membatalkan 2 2 2 66 shalat 5.5 5. Menyebutkan 4 syarat wajib shalat 2 2 2 66 60 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NAMA SEKOLAH : SDN 37 ALANG LAWAS MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SMT : V / I No. SK KD INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE PROSES INDIKATOR KD SK MD T-1 S-2 R-3 T-3 S-2 R-1 T-1 S-2 R-3 1 1 1.1 1. Melafazkan surat al Lahab dan al Kafirun 2 2 2 6/9 x 100 66 2. Menghafalkan surat al Lahab dan al Kafirun 2 2 2 66 1.2 3. Mengartikan surat al Lahab dan al Kafirun 2 2 2 66 4. Menyimpulkan isi surat al Lahab dan 2 2 2 66 al Kafirun 66 2 2 2.1 1. Menyebutkan pengertian kitab Allah 3 2 2 7/9 x 100 77 2.2 2. Menyebutkan nama-nama kitab Allah 3 2 2 77 3. Menyebutkan nama-nama Rasul yang 3 2 2 77 Menerimanya 2.3 4. Menyebutkan kandungan Al-Qur’an 3 2 2 77 5. Menyebutkan nama lain Al-Qur’an 3 2 2 77 77 3 3 3.1 1. Menceritakan kisah Nabi Ayyub as 3 2 2 7/9 x 100 77 3.2 2. Menceritakan kisah Nabi Musa as 3 2 2 77 3.3 3. Menceritakan kisah Nabi Isa as 3 2 2 77 77 4 4 4.1 1. Meneladani sifat Jujur nabi Ayyub 3 2 2 7/9 x 100 77 75 2. Meneladani sifat sabar Nabi Ayyub 3 2 2 77 4.2 3. Meneladani sifat jujur Nabi Musa 3 2 2 77 4. Meneladani sifat sabar Nabi Musa 3 2 2 77 5. Meneladani sifat benar Nabi Musa 3 2 2 77 4.3 6. Meneladani sifat arif Nabi Isa 3 2 2 77 7. Meneladani sifat tegas Nabi Isa 3 2 2 77 8. Meneladani sifat ikhlas Nabi Isa 3 2 2 77 77 5 5 5.1 1. Menjelaskan pengertian azan dan iqamah 3 2 2 7/9 x 100 77 2. Melafazkan azan dan iqamah 3 2 2 77 5.2 3. Menyebutkan nama orang yang menguman- 3 2 2 77 Dangkan azan 4. Mengumandangkan azan dan iqamah 3 2 2 77 77 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NAMA SEKOLAH : SDN 37 ALANG LAWAS MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS/SMT : VI / I No. SK KD INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL NILAI KKM KOMPLEKSITAS DAYA DUKUNG INTAKE PROSES INDIKATOR KD SK MD T-1 S-2 R-3 T-3 S-2 R-1 T-1 S-2 R-3 1 1 1.1 1. Melafazkan surat al Qadr dan al Alaq ayat 1-5 3 2 2 7/9 x 100 77 1.2 2. Menghafal surat al Qadr dan al Alaq 1-5 3 2 2 77 3. Mengartikan surat al Qadr dan al Alaq 1-5 3 2 2 77 4. Mengambil kesimpulan surat al Qadr dan 3 2 2 77 Al Alaq 1-5 77 2 2 2.1 1. Menjelaskan pengertian hari akhir 3 2 2 7/9 x 100 77 2. Menjelaskan arti sugra dan kubra 3 2 2 77 3. Menyebutkan nama-nama hari akhir 3 2 2 77 4. Menyebutkan tanda-tanda kiamat kubra 3 2 2 77 5. Menyebutkan nama Syurga dan neraka 3 2 2 77 77 3 3 3.1 1. Menceritakan perilaku abu lahab dan abu 3 2 2 7/9 x 100 77 Jahal terhadap rasul 3.2 2. Menceritakan perilaku Musailamah al Kazab 3 2 2 77 3. Menyebutkan usaha abu lahab menghalangi 3 2 2 77 Da’wah Rasul 4. Menyebutkan perilaku Musailamah 3 2 2 77 75 menghancurkan Islam 77 4 4 4.1 1. Menjelaskan pengertian dengki 3 2 2 7/9 x 100 77 4.2 2. Menyebutkan contoh dengki abu lahab, abu Jahal 3 2 2 77 3. Menyebutkan akibat dengki 3 2 2 77 4. Menyebutkan 3 cara atasi dengki 3 2 2 77 5. Menjelaskan maksud bohong 3 2 2 77 6. Menjelaskan 3 bahaya bohong 3 2 2 77 77 5 5 5.1 1. Melakukan shalat tarwih secara teratur di 2 2 2 6/9 x 100 66 Mesjid 2. Melafadzkan do’a siap tarwih 2 2 2 66 3. Melakukan tadarus secara teratur 2 2 2 66 66 Mengetahui, Padang, Kepala SDN Nomor 37 Alang Lawas Guru Pendidikan Agama Islam EVI TRISNA, S. Pd ABDUL KADIR NASUTION,SAg NIP.195810151982022003 NIP.196904202008011002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar